Fitur Penting Yang Ada Pada Aplikasi Kasir

Spread the love

Penggunaan aplikasi kasir sekarang ini memang sudah cukup banyak, dan kebanyakan yang menggunakan adalah bisnis toko atau bisnis retail. Penggunaan aplikasi POS tentu saja bisa membantu proses operasional bisnis, salah satunya adalah mencatat proses pembelian dan penjualan stok barang.

Oleh karena itu aplikasi POS atau Point of Sale tentu saja harus memiliki fitur yang dapat membantu seluruh proses yang berhubungan dengan penjualan dan pengadaan stok barang. Tanpa adanya fitur tersebut, tentu saja aplikasi POS kurang optimal dan tidak bisa membantu proses operasional bisnis dengan maksimal.

3 Fitur Penting yang Wajib pada Aplikasi POS

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi POS namun belum tahu banyak tentang aplikasi ini, berikut admin akan jelaskan apa saja fitur yang wajib ada pada aplikasi POS.

  • Fitur Pencatat Inventaris Barang

Saat kamu menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu harus tahu mengenai jumlah persediaan barang pada bisnis kamu. Jangan sampai pada saat ada pelanggan yang mencari produk tertentu, ternyata stok barang tersebut kosong dan kamu selaku pelaku bisnis tidak tahu dan tidak melakukan restock.

Maka dari itu penting sekali sebuah aplikasi POS memiliki fitur yang bisa mencatat inventaris barang. Kamu bisa selalu memantau jumlah stok barang yang tersedia dan stok barang apa yang habis dan harus di restock. Fitur ini akan memudahkan kamu dalam pengadaan barang yang stoknya sudah habis.

  • Fitur Laporan Penjualan

Fitur yang juga sangat wajib ada pada sebuah aplikasi kasir tentu saja adalah fitur laporan penjualan. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari bisnis kamu dengan mudah dan juga secara real time.

Software POS atau aplikasi POS tentu wajib tersedia fitur laporan penjualan yang lengkap dan juga cepat. Dan juga kamu juga bisa melihat perkembangan bisnismu di cabang lain yang tersebar di banyak lokasi hanya dengan satu aplikasi saja.

  • Fitur Metode Pembayaran

Dengan menggunakan aplikasi POS, tentu saja dalam proses pembayaran bisa dilakukan menggunakan sistem e-payment. Oleh karena itu tentu metode pembayaran yang tersedia tidak hanya secara tunai, tetapi juga bisa menggunakan berbagai macam metode pembayaran termasuk yang nontunai.

Metode pembayaran nontunai sendiri ada berbagai macam mulai dari kartu debit, kredit, e-money, dan masih banyak lagi. Salah satu keuntungan dari penggunaan pembayaran online atau e-payment juga bermanfaat meminimalisir peredaran uang palsu bisa merugikan bisnis kamu.

Teliti Aplikasi POS sebelum Digunakan

Itu tadi beberapa fitur penting yang sangat wajib ada pada sebuah aplikasi kasir atau aplikasi POS. Oleh karena itu sebelum kamu hendak membeli dan menggunakan aplikasi POS, teliti terlebih dahulu apakah aplikasi yang akan kamu gunakan sudah memiliki fitur tersebut atau belum.